February 11, 2010

Orang hebat.


Apa sih yang ada di pikiran kalian ketika mendengar seseorang mengenalkan dirinya sebagai Mahasiswa Fakultas Kedokteran?
Sombong?
Pintar?
Calon suami/istri ideal? Calon menantu ideal?

Padatnya waktu kuliah serta kegiatan intra kampus membuat saya 'terkekang' dalam gedung-gedung megah di kampus saya. Selama 3 tahun saya berkuliah di FK Unpad, tak pernah sekalipun saya mengenal mahasiswa fakultas lain dalam kehidupan perkuliahan saya. Saya mengenal mereka hanya dari teman sekostan, teman satu SMA, teman SD, atau bahkan tetangga ketika kecil. Tak pernah sekalipun saya mempunyai kenalan baru dari fakultas lain. Bukan sombong atau merasa lebi, jujur, saya merasa penuhnya jadwal dan keterbiasaan bertemu teman-teman kampus yang itu-itu saja membuat saya sempat merasa 'tidak butuh' teman-teman fakultas lain. Sikap arogan dan merasa 'lebih' akhirnya menjadi sebuah konsekuensi. Mungkin itu yang membuat sebagian besar mahasiswa fakultas lain merasa mahasiswa FK sombong.

Akhirnya, ke-'autis'-an saya di lingkungan Unpad berubah, kebijakan universitas mengenai kewajiban KKN membuat saya (mau tak mau) mengenal mahasiswa dari fakultas-fakultas lain. Gabungan dari berbagai jurusan dikumpulkan dalam sebuah kelompok yang dituntut menghabiskan setiap akhir minggu bersama di desa.

Jujur, pertama kali saya mengikuti kegiatan KKN, saya pesimis. Masih dengan arogansi mahasiswa FK saya, saya sempat merasa 'membuang waktu' saya di KKN. Ketika berkumpul pertama kali dengan teman-teman pun, saya masih merasa 'bukan bagian dari mereka'.

Komposisi kelompok KKN saya sangat beragam, dari seorang akhwat yang sangat seru diajak berdiskusi, hingga seorang atheis yang mengaku menyembah matahari. Dari seorang anak kecil yang mengaku mahasiswa (baca: saya), hingga seorang single parent. Dari seorang mahasiswa polos yang tak tau apa-apa (lagi-lagi baca: saya) hingga seorang penjual mushroom yang punya cita-cita memiliki pabrik narkoba.

Saya bukan orang idealis yang akan bercerita panjang lebar mengenai bagaimana saya mengabdikan diri pada desa, atau bagaimana warga desa membuka mata saya. Satu pelajaran menarik yang saya dapat dari pengalaman KKN 3 bulan saya adalah saya dapat mengenal orang-orang baru. Orang-orang dari dunia yang sangat berbeda dengan saya, orang-orang dengan cara berfikir yang sungguh apabila saya tidak bertemu mereka saya tidak akan pernah percaya, orang-orang yang diluar segala hal yang saya 'cibirkan' pada awalnya ternyata jauh lebih dewasa.

Perkuliahan di FK yang lama dan membosankan serta monoton, menurut saya membuat cara berfikir mahasiswa FK jauh lebih sempit. 6 tahun masih di bawah 'ketiak' orang tua, sedangkan teman-teman lain seumurnya kita sudah berdiri sendiri, membuat mahasiswa FK memiliki 'keterlambatan' pendewasaan dan cara berfikir. Ketika saya berdiskusi dengan teman-teman dari Ilmu Sosial, saya dapat melihat bagaimana dunia begitu berbeda dimata mereka. Bagaimana jiwa enterpreuner ditanamkan di fakultasnya. Bagaimana manusia merupakan makhluk sosial yang kompleks yang merupakan bagian besar dari masyarakat. Bagaimana hidup bukan hanya sekedar sel--jaringan--organ--dan sistem organ.

3 bulan yang saya dapat, ternyata membuka mata saya. Bahwa menjadi orang hebat bukan sekedar pencapaian nilai. Menjadi orang hebat bukan sekedar memperpanjang CV. Menjadi orang hebat bukan sekedar mengetahui dunia. Menjadi orang hebat ialah mengenal diri, posisi, dan tidak memandang sebelah mata kepada siapapun yang ada disekitar kita.

Terimakasih, Wangisagara! :)

3 comments:

  1. setuju sha,,,
    awalnya saya juga mikir apa sih yang bisa dibanggain sama UNPAD selain FK nya...tapi ternyata banyak orang2 di fakultas lain yang cara berpikirnya lebih jauh ke depan,, lebih melihat sesuatu dengan objektif, dan juga lebih realistis...

    ReplyDelete
  2. Oh, baca tulisan ini bikin saya tahu apa sebenarnya yang kira-kira menjadi pikiran anak-anak fk.Oh, tau tidak, saya sama sekali gak pengen jadi dokter (tadinya). tapi sesudah masuk fakultas kesehatan masyarakat, mulai deh pengennya untuk jadi dokter. tapi makin ke sini, saya malah makin gak bisa ninggalin bidang keilmuan yang cukup 'baru' saya tau ini. bukan karnangerasa sayang umur, bukan. panjanglah kalo mau diceritain. intinya: yang duah jadi dokter, ayolah maksimalin ilmu dokternya, wawasan bukan cuma dari jurnal dan buku. banyk orang yang pengen jadi dokter tapi gak kesampaian lol

    ReplyDelete
  3. shasha kamu keren sekali sih tulisan2nya...
    gw suka semua tulisan lu eh pas baca yang ini...
    WOW!

    ReplyDelete